cover
Contact Name
Elga Yanuardianto
Contact Email
jurnalfajarpai22@gmail.com
Phone
+6287839366678
Journal Mail Official
jurnalfajarpai22@gmail.com
Editorial Address
Jln. Kyai Mojo No.101 P.O. Kotak 170 Jember 68133 Telp./Fax (0331) 488675
Location
Kab. jember,
Jawa timur
INDONESIA
FAJAR Jurnal Pendidikan Islam
ISSN : 28092864     EISSN : 28084527     DOI : -
Core Subject : Religion, Education,
FAJAR: Jurnal Pendidikan Islam diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Jember merupakan wadah publikasi yang berupa hasil penelitian dan kajian ilmiah Dosen, Guru, Praktisi, Pengawas, dan Mahasiswa yang membahas tentang permasalahan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan pemikiran Tokoh Pendidikan Agama Islam. Artikel yang diterbitkan dalam FAJAR: Jurnal Pendidikan Islam ruang lingkup kajiannya sebagai berikut: 1. Pembelajaran Pendidikan Islam; 2. Kurikulum Pendidikan Islam; 3. Inovasi Pembelajaran Pendidikan Islam; 4. Perkembangan-Perkembangan Anak; 5. Tekhnologi dan Media Pembelajaran; 6. Konsep Ide, Teori dan Praktik Pendidikan Islam; 7. Kajian Pendidikan dalam Prespektif Islam; 8. Penelitian Pendidikan Agama Islam; 9. Kompetensi dan Profesionalisme Guru; 10. Kajian Kritis terhadap Problem dan alternative Pendidikan Agama Islam; 11. Kajian Analisis Pemikiran Tokoh Pendidikan Agam Islam; 12. Pendidikan Karakter; 13. Manajemen Pendidikan.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 1 (2021): FAJAR Jurnal Pendidikan Islam (September)" : 6 Documents clear
Implikasi Integrasi Imtaq dan Iptek Dalam Perkembangan Pendidikan Islam Fitriyatul Hanifiyah
FAJAR Jurnal Pendidikan Islam Vol. 1 No. 1 (2021): FAJAR Jurnal Pendidikan Islam (September)
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (315.748 KB) | DOI: 10.56013/fj.v1i1.1097

Abstract

Globalisasi melahirkan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sedikit banyak akan memberikan dampak baik positif maupun dampak negatif terhadap lingkungan kehidupan masyarakat. Di samping dampak positif, kemajuan iptek ini tidak sedikit menjadikan individu-individu teralienasikan baik dari Tuhannya maupun lingkungan sosialnya. Hal ini disebabkan oleh penyimpangan-penyimpangan atau penyalahgunaan iptek tersebut. Problematika fenomena tersebut menunjukkan bahwa perlu adanya balance atau keseimbangan antara nilai-nilai moral atau ketaqwaan dan nilai-nilai ilmu pengetahuan dan teknologi. Tujuan penelitian ini, untuk mengetahui adanya pengaruh kemajuan iptek terhadap perkembangan pendidikan Islam dan untuk mengetahui model integrasi imtaq dan iptek dalam pengembangan kurikulum pendidikan Islam. Sedangkan metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan kajian literature (Library Research). Untuk hasil penelitian ini bahwa perekembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) memiliki pengaruh baik yang bersifat positif maupun negatif. Di satu sisi, kemajuan iptek merupakan suatu “anugerah” bagi dunia pendidikan Islam karena dengan iptek tersebut akses terhadap pengetahuan-pengetahuan dan informasi semakin mudah dan cepat. Akan tetapi di sisi lain, iptek juga telah mendatangkan “petaka” yang dikhawatirkan mengancam nilai-nilai agama, moral dan kemanusiaan. Adapun untuk membangun pendidikan yang mampu melahirkan sumber daya manusia seutuhnya yang berkwalitas, baik material maupun spiritual diperlukan sistem pendidikan yang integral dan berorientasi pada aspek teo-ontroposentris secara dinamis dan juga berorientasi pada pengembangan seluruh potensi dan dimensi peserta didik secara proporsional. Kata Kunci : Imtaq, Iptek, Pendidikan Islam
Implikasi Pola Motivasi Guru Terhadap Kegiatan Belajar Siswa di MTs Sa. Al-Alawiyah Kecamatan Sukorambi Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2017/2018 Achmad Faisol
FAJAR Jurnal Pendidikan Islam Vol. 1 No. 1 (2021): FAJAR Jurnal Pendidikan Islam (September)
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (611.543 KB) | DOI: 10.56013/fj.v1i1.1098

Abstract

Guru adalah sebagai orang yang bertanggung jawab terhadap pendidikan, terutama bertanggung jawab dalam hal pendidikan, merupakan aspek yang terpenting, artinya pendidik sebagai motor penggerak dan penggali potensi-potensi anak didik harus mampu mengisi dan mengembangkan potensi yang ada pada diri anak didik. Dalam upaya meningkatkan aktivitas belajar siswa dan untuk mendorong kemajuannya, maka selain dari adanya perubahan sistem atau metode yang erat hubungannya dengan proses pembelajaran juga diperlukan adanya motivasi/dorongan dari guru terhadap anak yang dimaksudkan untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Dengan menitik beratkan pada aspek pendidikan, maka penulis mengangkat satu rumusan masalah yaitu adakah pengaruh pola motivasi guru terhadap aktivitas belajar Siswa MTs. SA. Al-AlawiyahKecamatan SukorambiKabupaten jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Sedakan tujuan pembahsan dalam penelitian ini adalah ingin mengetahui ada tidaknya pengaruh pola motivasi guru terhadap aktivitas belajar Siswa MTs. SA. Al-AlawiyahKecamatan SukorambiKabupaten Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Selanjutnya untuk meraih data dari obyek penelitian, maka dalam penelitian ini menggunakan metode penentuan populasi dan sampel penelitian, metode pengumpulan data, dalam hal pengumpulan data ini digunakan metode observasi, metode interview, metode angket, dan metode dokumenter. Sedang setelah data-data yang ada terkumpul, maka dilanjutkan dengan menganalisa data tersebut. Setelah dianalisis, diperoleh kesimpulan secara umum sebagai berikut : Ada pengaruh positif yang rendah Pola Motivasi Guru terhadap Aktivitas Belajar Siswa MTs. SA. Al-Alawiyah Kecamatan Sukorambi Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Keywords: Pengaruh Pola Motivasi Guru, Aktivitas Belajar Siswa
Pola Komunikasi Kyai Dalam Membentuk Karakter Santri di Pesantren Ash-Shiddiqi Putri Talangsari Jember Nuzzulul Ulum
FAJAR Jurnal Pendidikan Islam Vol. 1 No. 1 (2021): FAJAR Jurnal Pendidikan Islam (September)
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (594.993 KB) | DOI: 10.56013/fj.v1i1.1099

Abstract

Komunikasi adalah kebutuhan manusia dalam mempertahankan kelangsungan hidup, hampir tidak mungkin seseorang dapat menjalani hidupnya tanpa berkomunikasi dengan orang lain. Artinya, manusia memang tidak bisa hidup tanpa komunikasi, karena komunikasi merupakan kebutuhan yang sangat penting, tanpa komunikasi manusia tidak bisa menjalankan fungsinya sebagai pembawa amanah dari tuhan di muka bumi (kholifah). Berdasarkan deskripsi di atas, maka pokok permasalahan dalam penelitian ini bagaimana pola komunikasi kyai dan santri dalam membentuk karakter di Pondok Pesantren Ash-Shiddiqi putri Talangsari Jember? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar Pesantren Ash-Shiddiqi putri. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik pengumpulan data dengan metode observasi, metode wawancara dan metode dokumentasi. Pendekatan dalam penelitian ini adalah menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan: pola pendidikan yang digunakan dalam pembentukan pribadi bagi santri dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan pembentukan pola hubungan baik, yaitu pola yang digunakan dalam pembiasaan berhubungan antara kyai dengan santri dan hubungan antara santri dengan santri dalam menanamkan nilai-nilai karakter (aqidah, ibadah dan akhlak) yaitu membentuk santri menjadi manusia yang memiliki kedewasaan ilmu, wawasan, perilaku dan sikap. Kata Kunci: Komunikasi Kyai, Karakter
Konsepsi Pendidikan Karakter Anak Perspektif Thomas Lickona (Studi Kritis Dalam Menjawab Problem Moral di Indonesia) Elga Yaniardianto
FAJAR Jurnal Pendidikan Islam Vol. 1 No. 1 (2021): FAJAR Jurnal Pendidikan Islam (September)
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (635.058 KB) | DOI: 10.56013/fj.v1i1.1100

Abstract

Keberhasilan suatu bangsa dalam memperoleh tujuannya tidak hanya ditentukan oleh melimpah ruahnya sumber daya alam, tetapi sangat ditentukan oleh kualitas sumber daya manusianya. Bahkan ada yang mengatakan bahwa “Bangsa yang besar dapat dilihat dari kualitas atau karakter bangsa (manusia) itu sendiri”. Penguatan pendidikan karakter di Indonesia dalam konteks sekarang sangat relevan untuk mengatasi krisis moral yang sedang terjadi di Negara kita. Diakui atau tidak saat ini terjadi krisis yang nyata dan menghawatirkan dalam masyarakat dengan melibatkan milik kita yang paling berharga, yaitu anak-anak. artikel ini dilatar belakangi oleh bobroknya moral bangsa ini, serta menjelaskan seberapa pentingnya pendidikan karakter di terapkan sejak anak-anak, karena seharusnya pada usia anak-anak penanaman pendidikan karakter seharusnya lebih dominan dari yang lainnya. Dalam karakter anak Thomas Lickona adalah salah satu pemikir pendidikan karakter yang barat pendidikan menyebutnya juga sebagai bapak pendidikan karakter modern, Thomas Lickona dianggap sebagai pengusung terminology pendidikan karakter modern yang mulai dikenalkan sejak tahun 1900. Terutama ketika dia menulis buku yang berjudul The Run of Character Education dan kemudian disusul bukunya yang berjudul Educating For Character: How Our Shool Can Teach Respect And Responsibility, melalui buku-bukunya tersebut Thomas Lickona menyadarkan dunia barat serta dunia akan pentingnya pendidikan karakter. Kata Kunci : Pendidikan Karakter, Perspektif, Thomas Lickona
Kdrt Analisis Gender Equality Hamdanah Utsman
FAJAR Jurnal Pendidikan Islam Vol. 1 No. 1 (2021): FAJAR Jurnal Pendidikan Islam (September)
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (582.472 KB) | DOI: 10.56013/fj.v1i1.1101

Abstract

Kasus-kasus kekerasan dalam rumah tangga di Indonesia masih sering dianggap masalah privascy yang sangat tabu untuk diceritakan kepada orang lain. Sebagaimana terungkap data kasus-kasus masalah keluarga yang ada pada Lembaga Konsultasi Bantuan Hukum Indonesia untuk Wanita dan Keluarga (LBHIUWK) rata-rata mencapai 250-300 pertahun. Kasus-kasus yang ditangani tersebut sesuai dengan kehendak klien yaitu mulai dari hanya meminta konsultasi sampai dengan bantuan hukum di pengadilan. Kasus-kasus yang dikemukakan disini hanyalah yang berkaitan dengan masalah ekonomi sedangkan masalah sengketa keluarga karena moral atau penyelewengan, komunikasi tidak lancar, dan kekerasan dalam keluarga tidak diangkat ( Rahman,1994:218-219). Memperhatikan masukan dari berbagai NGO peduli perempuan seperti Rifka Annisa WCC ( Women Crsis Center ) LBH APIK. Kalyana mitra. Gerakan peduli perempuan dan lain lain , kalangan Akademisi dan aktifis perempuan maka pada tanggal 22 Septeber 2004 kebijakan publik yang mengatur tentang kekerasan dalam rumah tangga yakni Undang Undang Penghapusan kekerasan dalam rumah tangga berhasil di syahkan oleh DPR Republik Indonesia. Undang Undang ini bisa digunakan sebagai dasar dan payung hukum dalam mengimplementasikan kebijakan tentang upaya penanganan, pencegahan, dan pelayanan kepada perempuan korban kekerasan dalam rumah tangga. Kata kunci : Islam , Kekerasan dalam Rumah Tangga , Gender Equality
Peningkatan Kompetensi Guru dalam Pembuatan RPP Melalui Supervisi Akademik M. Alfian Zuhdi
FAJAR Jurnal Pendidikan Islam Vol. 1 No. 1 (2021): FAJAR Jurnal Pendidikan Islam (September)
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56013/fj.v1i1.1336

Abstract

Salah satu peran yang harus dilakukan kepala sekolah adalah bagaimana mengarahkan guru, agar dalam penyusunan silabus didasarkan atas pertimbangan yang matang supaya siswa memiliki pengalaman belajar yang bermakna. Silabus yang dikembangkan dengan tepat dan efektif akan sangat berpengaruh terhadap keberhasilan pelaksanaan pembelajaran. Guru merupakan faktor yang mempunyai peran yang sangat penting dalam membuat RPP guna mengantarkan siswa untuk mencapai tujuan pendidikan. Kenyataannya, kondisi yang terjadi di Di MAN 1 Jember walaupun supervisi akademik sudah dilaksanakan oleh Kepala Sekolah, namun belum dapat memaksimalkan kompetensi guru dalam pembelajaran. Lembaga ini memerlukan pembenahan dan perbaikan dalam penerapan supervisi akademik agar guru-guru yang ada di Di MAN 1 Jember dapat mengembangkan kompetensinya sebagai guru untuk membuat RPP demi mencapai tujuan pembelajaran yang lebih baik dan menarik dengan proses dan taraf perkembangannya yang menekankan pada terjadinya perubahan yang lebih baik. Berdasarkan uraian di atas peneliti tertarik untuk melakukan sebuah penelitian dengan judul “Peningkatan Kompetensi Guru dalam Pembuatan RPP melalui Supervisi Akademik di Di MAN 1 Jember” dengan metode tersebut diharapkan dapat memperbaiki kinerja guru dan meningkatkan kompetensi guru sehingga berdampak pada hasil belajar siswa yang lebih baik. Untuk memecahkan masalah seperti yang telah diungkapkan, direncanakan dengan menggunakan penelitian tindakan sekolah, yakni penelitian yang dilakukan oleh peneliti dengan berkolaborasi dengan kepala sekolah melalui refleksi diri dengan tujuan untuk memperbaiki kinerjanya sebagai guru sehingga hasil belajar siswa menjadi meningkat. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan diskriptif kualitatif. Dalam Penelitian Tindakan Sekolah ini menggunakan desain siklus tindakan berdasarkan model penelitian tindakan Hopkins. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan melalui beberapa tahap yaitu paparan data, pengolahan data, interpretasi data dan penyimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan kompetensi guru dalam pembuatan RPP melalui supervisi akademik di Di MAN 1 Jember.

Page 1 of 1 | Total Record : 6